Rabu, 24 Oktober 2012

Koperasi Pegawai Maritim (KOPEGMAR) Tanjung Priok



SEJARAH KOPEGMAR TANJUNG PRIOK
Koprasi Pegawai Maritim(kopegmar) Tanjung Priok didirikan pada bulan November 1979 dandlakukan perubahan pada tanggal t juni 1995 kemudian disahkan kembali oleh Departemen Pengusaha Kecil dan Menengah pada tanggal 30 Maret 2000.
Koperas Pegawai Maritim (KOPEGMAR) Tanjung Priok didirikan dengan maksud menjadi salah satu oragn penopang dalam membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi dan social anggota pada khususnya dam masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan social yang ada pada gilirannya diharpkandapat mempertinggi kualitas kehidupan anggota, masyarakat,dan Negara.Hingga saat ini Koperasi Pegawai Maritim (KOPEGMAR) Tanjung Priok memiliki lebh dari 3000 anggot yang berasal dri induk perusahaan,yaitu PT. Pelabuhan Indonesia II,anak perusahaan dan afiliasinya,terdiri dari : PT. Jakarta International Container Terminal,TKP koja,RS. Pelabuhan Jakrta ,PT.Multi Terminal Indonesia,Pt. Electronic  Data Interchange,dan DP4(Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan dan Pengerukan) dan 40karyawan organic.Koperasi aPegawai Maritim(KOPEGMAR) Tnajung Priok juga memboehkan bagi para pensinan anggota/pegawai induk perusahaan,anak perusahaan dan afiliasinya untuk mendaftar kembali menjadi anggota Koprasi Pegawai Maritim (KOPEGMAR) Tanjung Priok yang nantinya berstatus Anggota Luar Biasa.
Sejak didirikan,Koperasi Pegawai Maritim (KOPGMAR) Tanjung Priok dituntut pihak penguna jasa secara mandiri untuk fokusdn mengelola secara professional  pada unit usaha yang dinginkan oleh pengguna jasa.Untuk itu, dalam rangka memenuhi keinginan pihak pengguna jas tersebut ,Koperasi Pegawai Maritim (KOPEGMAR) Tnajung Priok  memebentuk badan ussaha (Perseroan Terbta) dalam rangka pengambangan  usaha sekaligus memenuhi persyaratan administrasi,yaitu:
1.      PT. Kopegmar Mandiri ,bergerak di bidnag pelayanan jasa lewat alat transportasi darat,laut dan udara,jasa boga ,cleaning sevice,konstruksi pembuatan dan perawatan taman ,penyediaan jasa tenaga kerja(outsourcing).
2.      Samudera Kopegmar ,bergerak dalam bidang pelayanan jasa cleaning service,alat tulis kantor,telekomunikasi,penyediaan jasa kerja (outsourcing).

ANGGOTA KOPEMAR TANJUNG PRIOK
Anngotanya yaitu berasal dari anggotanya sendiri ,karyawan kantor ,tukang ojek,tukang kantin ,pemadam kebakaran ,dan lain-lain yang semuanya terdaftar menjadi anggota KOPEGMAR Tanjung Priok.

SISTEM
 Koprasi Pegawai Maritim (KPEGMAR) Tnajung Priok ,memiliki berbagai unit usaha,mulai dari :
1.    1.  Unit Usaha Simpan Pinjam ,mengelola dana anggota dan sumber-sumber lainnya untuk mendukung peningatan kesejahteraan anggota dan masyarakat,Setiap anggota diknakan simpanan pokok,simpanan wajib,dan simpanan sukarela yang besarnya bertingkat sesuai dengan kemampuan dan kelas jabatan anggotanya.
2.   Unit simpan pnjam Koperasi Pegawai Maritim(KOPEGMAR) Tanjung Priok melayani pinjaman yang terdiri dari pinjaman Jangka Pndek dengan jangka waktu 3 bulan dan Pinjaman Jangka Panjang dengan jangka waktu ,yaitu:10 bulan dan 20 bulan,serta 5 tahun,yang dana Pinjaman Jngka Panjang 5 tahun ini bersumber dari bank-bank yang telah bekerja sama dengan Koperasi Pegawai Maritim (KOPEGMAR) Tanjung Priok,yaitu :Banki Mandiri,Bank Syariah Mandiri,Bank Danamon,Bank DKI,dan Bank CIMB Niaga.Unit Simpan Pinjam juga memberikan fasilitas pinjaman dari Pra pekerja outsourcing dengan jangka waktu 5 bulan.Sistem Simpan Pinjam ini dibebankan dengan kiebijakan ptong gaji.
2.      3.    Unit usaha rupa-rupa
a)      Mini Market ,unit ini di bentuk untuk memperluas uni tusaha KOPEGMAR,untuk menambah kotribusi dari bagi hasil yang didapat yang nantinya dapat dinikmati pada Sisa Haasl Usaha untuk para anggota.
b)      Penambangan Batu ,yang berlokasi di Bojonegara ,Banten ,dengan menyerahakanseluruhnya epada mitra-mitra kontraktor,denan system bagi hasil.Batu yang dihsilkan adalah batu agregat yaqitu batu split,abu batu,boldes dan madakam yang dapat digunakan untuk pembangunan kontribusi pelabuhan dan industri laninnya.
c)      Depo Petikemas ,yaitu mengelola penumpukan sementara para pemilik petikemas ,sebelum diambil oleh para pemilik petikemas tersebut.

3.     4.  Unit Usaha Jasa Umum/Tenaga Kerja,adalah unit penyedia tenaga kerja(outsourcing) untuk menunjang pelaksana pekerjaan yangsekaligus sabagai penompang dan penentu arus kapal,arus bongkar muat,dan transportasi di Pelabuhan TnajungPriok,yang ditempatka di lingkungan pengguna Jasa KOPEGMAR Tanjung Priok,yaitu PT. Pelabuhan Indonesia II ,PT.JICT ,Pt. MTI ,TPK Koja ,RS.Pelabuhan Jakarta & PMC ,& Pemadam kebakaran.
     5. Unit Usaha Angkutan Petikemas,untiusaha ini menyeiakan operator Head Truck dan Chasis untuk kebutuhan bongkar muat petikemas ,operatr yang menangani bongkarpetikemas di TPK Koja dan JICT.
5.     6.    Unit Usaha Pengelola Rumah Susun TKBM Cilincing ,bertanggung jawabdalam menjamin terpeliharanya bangunan dan fasilitas rumah susun,mejaga kebersihan,keamanan dan ketertiban sebanyak 4 blok atau 746 ruang tempaat tinggal.
6.   7.  Unit Usaha Pengadaan dan Pemborogan ,menyediakan usaha pemborongaqn pekerjaan sipil ,listrik penyewaan kendaraaan darat ,cleaning service,pertamanan & pemeliharaanya dan pemborongan umum lainnya.
7.     8.     Unit Usaha Sentra Kredit & Biro Perjalanan
a)  Sentra Kredit ,jegiatan usaha dengan menjual kebutuhan anggota dengan cara kredit,misalnya:sepeda motor,barang –barang elektronik serta peralatan rumah tangga.
b)      Biro Perjalanan ,unit usaha Travel & Biro Perjalanan ini bekerja sama dengan TX Travel secara franchise yang bertujuan untuk menambah kontribusi bagi KOPEGMAR Tnajung Priok jug mempermudah para anggota yang ingin melakukan erjalanan dinas  atau pribadi.
8.    9.   Unit Usaha jek Motor Dan Kantin ,KOPEGMAR Tanjun Priok mengoperasikan ojek warn kuning dengan wilayah operasi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitarnya.Sistem yang berlaku adalah kotrak antara pengemudi ojek dengan KOPEGMAR Tanjung Priok selama 5 tahun.Hingga saat ini KPEGMAR Tanjung Priok memiliki 258 unit ojek.
Kantin yang dikelola sebagian besar berlokasi di wilayah Pos IV,Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok dan PT. Jakarta International Container Terminal.



3 komentar:

  1. Informasi yang sangat berguna sekali, terima kasih atas sharingnya, semoga ilmunya berkah :)
    sekedar menambahkan, untuk lebih mudah mengelola koperasi, terutama koperasi karyawan dengan sistem potong gaji, laporan keuangan neraca dan laba rugi otomatis, laporan potongan gaji otomatis, dan perhitungan SHU per anggota otomatis, silakan klik Cara Mudah Mengelola Koperasi Karyawan
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Mau tanya apakah magang disitu di gaji atau tidak ? Makasih

    BalasHapus