Minggu, 14 Juni 2015

Analisis Laporan Keuangan Internasional

Analisis Akuntansi Antar Negara


Investor, analisis riset ekuitas, manajer keuangan, banker, dan para pengguna laporankeuangan lainnya memiliki kebutuhan yang semakin besar untuk membaca dan menganalisis laporankeuangan asing. Perbandingan keuangan lintas batas menjadi penting ketika melakukan analisispotensi dan kekuatan keuangan investasi asing langsung atau investasi portofolio asing.Kebutuhan untuk menggunakan laporan keuangan asing juga meningkat karena kegiatanmerger dan akuisisi telah semakin banyak terjadi secara internasional. Karena bisnis menjadi semakinsemakin global, laporan keuangan menjadi jauh lebih penting dari pada masa sebelumnya Karenamenjadi dasar untuk analisis persaingan, keputusan kredit, negosiasi usaha, dan control perusahaan.Pengurangan hambatan perdagangan secara terus menerus, munculnya Eropa sebagai pasar tunggal,konvergensi selera dan preferensi konsumen, dan semakin rumitnya penetraasi yang dilakukan olehsuatu perusahaan terhadap pasar LN telah meningkatkan kompetisi bisnis meltinasional secarasignifikan.

 Peluang Dan Tantangan
Analisis keuangan lintas batas mencakup berbagai wilayah yurisdiksi. Sejumlah Negaramemiliki perbedaan yang sangat besar dalam praktik akuntansi, kualitas pengungkapan, systemhukum dan undang-undang, sifat dan ruang lingkup resiko usaha, dan cara untuk menjalankan usaha.Analisis dan penilaian keuangan internasional ditandai dengan banyak kontradiksi. Di satusisi, begitu cepatnya proses harmonisasi standar akuntansi telah mengarah pada semakinmeningkatnya daya banding informasi keuangan di seluruh dunia.Terlepas dari konradiksi yang masih terus berlanjut, hambatan untuk analisis dan penilaiankeuangan internasional semakin menurun dan pandangan pada analisis secara umum masih positif.Globalisasi pasar modal, kemajuan dalam teknologi informasi dan kompetisi antar pemerintahnasional, bursa efek dan perusahaan-perusahaan untuk menarik investor dan kegiatan perdaganganyang meningkat masih terus berlanjut

Analisis Akuntansi
Tujuan analisis akuntansi adalah untuk menganalisis sejauh mana hasil yang dilaporkanperusahaan mencerminkan realitas ekonomi. Para analis perlu untuk mengevaluasi kebijakan danestimasi akuntasi, serta menganalisis sifat dan ruang lingkup fleksibilitas akuntansi suatu perusahaanPara manajer perusahaan diperbolehkan untuk membuat pertimbangan yang terkait dengan akuntansi,karena merekalah yang tahu paling banyak mengenai kondisi operasi dan keuangan perusahaanmereka. Healy dan rekannya menyarankan proses berikut ini dalam melakukan evaluasi kualitasakuntansi suatu perusahaan
1. identifikasikanlah kebijakan akuntansi utama
2. Analisislah fleksibilitas akuntansi
3. Evaluasilah strategi akuntansi
4. Evaluasilah kualitas pengungkapan
5. Identifikasikanlah potensi terjadinya masalah
6. Buatlah penyesuaian atas distorsi akuntansiPerbedaan antar negara dalam kualitas pengukuran akuntasi, pengungkapan, dan audit sangatdramatis.
Karekteristik nasional yang menyebabkan perbedaan ini mencakup praktik yang diwajibkandan diterima secara umum, pengawasan dan penegakan aturan dan ruang lingkup diskresi manajemenatas pelaporan keuangan.Kualitas pengungkapan dan tingkat keyakinan audit harus diamati dengan sangat ketat padasaat melakukan analisis terhadap laporan keuangan sebuah perusahaan Jerman. Pengungkapan catatankaki kebijakan akuntansi cukup terbatasjumlahnya dalam beberapa laporan tahunan perusahaanJerman. Lingkungan audit jerman sangat berbeda dibandingkan dengan lingkungan di negera-negaraseperti Inggris dan Amerika Serikat. Aturan independensi auditor di Jerman tidak terlalukomprehendif dan rumit bila dibandingkan dengan yang ada di Inggris dan di Amerika Serikat, danpara manajer di jerman mungkin saja menganggapnya tidak patut bagi auditor untuk menanyakanpernyataan lisan mereka. Auditor Jerman juga lebih segan menerima.Auditor eksternal memainkan peranan yang penting dalam memastikan apakah standar akutansidipatuhi. Sistem hukum memberikan mekanisme penegakan aturan yang memastkan para auditoruntuk tetap independen dalam praktiknya. Pelaporan keuangan di Cina menunjukkan bagaimanapengukuran akuntansi, pengungkapan, dan kualitas audit dapat berbeda secara dramastis biladibandingkan dengan praktik akuntansi di negara-negara Anglo-Amerika.
Tujuan Analisis Akuntansi Internasional
Tujuan analisis keuangan adalah untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa kini danmasa lalu, dan untuk menilai apakah kinerjanya dapat dipertahankan. Analisis rasio dan analisis aruskas merupakan alat yang penting dalam melakukan analisis keuangan. Analisis rasio mencakupperbandingan rasio antara suatu perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama,perbandingan rasio suatu perusahaan antar waktu atau dengan periode fiskal yang lain, dan atauperbandingan rasio terhadap beberapa acuan yang baku.Analisis arus kas berfokus pada laporan arus kas, yang memberikan informasi mengenai aruskas masuk dan arus kas keluar perusahaan, yang diklasifikasikan menjadi aktivitas operasi, investasidan pendanaan, serta pengungkapan mengenai aktivitas investasi dan pendanaan non kas secaraperiodik.
Sumber :

Dahlia Widhyaestoeti. Model Proses Bisnis1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar